Klik untuk Bertanya

Jumat, 07 Maret 2014

Cara Membuat Septic tank

Cara Membuat Septic tank Agar Tidak Cepat Penuh


Cara membuat septic tank > Semua orang mungkin sudah mengenal apa yang namanya septic tank atau sering disebut disebut sepitank yaitu tempat pembuangan ahir dari limbah atau kotoran manusia,untuk memiliki septik tank yang baik dalam arti mempunyai fungsi dengan baik artinya tidak cepat penuh juga tidak mencemari tanah di lingkungan sekitar,maka kita harus membuat perencanaan terlebih dahulu untuk cara membuat septic tank (jangan asal jadi)

Yang perlu kita ketahui apabila kita memiliki septic tank yang kurang baik maka hal tersebut akan penyebab terjadinya pencemaran terhadap lingkungan sekitarnya seperti tanah dan air,lalu bagai mana dengan nasib keluarga atau tetangga  kita yang masih mengkonsumsi air langsung dari tanah ???

Tentunya apabila kita didalam cara membuat septic tank kurang baik selain cepat penuh juga akan dapat menyebarkan penyakit melalui limbah kotoran dari septic tank tersebut.salah satu cara untuk menghindari pencemaran lingkungan maka kita dapat memakai microba pengurai secara rutin pada septic tank setiap 3-5 bulan sekali,untuk lebih jelasnya bisa anda KLIK disini.

Berikut adalah cara membuat septic tank dengan 3 ruang :


cara membuat septic tank

1. septictank 3 ruang tertutup

Bagi anda yang memiliki tanah luas cara membuat septic tank ini sangat cocok karna dapat dibuat dengan ukuran sedang sampe besar .lihat caranya seperti dibawah ini :
 - Gali tanah dengan ukuran panjang minimal 2m dan lebar minimal 1m, sedangkan kedalamannya minimal     1m.
- kalau tanah sudah digali sesuai keinginan, kini anda tinggal memasang bata sebagai dindingnya.
- setelah itu pasang bata melintang seperti anda membuat ruangan atau kamar sebanyak tiga ruang.(lihat gambar)
- ruang yang pertama bagian bawah biarkan berlubang dengan diameter 20cm-50cm,hal ini dimaksudkan agar memaksimalkan volume ruang pertama untuk mengisi ruang kedua.
- ruang kedua itu terserah anda, bisa membuat lubang ditengah atau membuat lubang di atas.(saran saya anda buat lubang diatas saja,karena itu berfungsi menahan debit kotoran dan airnya saja yang masuk ke ruang 3).
- berikut adalah ruang ketiga, saya menyarankan pada ruang ketiga ini pada bagian dinding dan dasarnya jangan anda semen atau di plester, tujuannya agar limbah kotoran cair dapat meresap kedalam tanah.

2. septictank  2 ruang


Bagi anda yang tempat tinggalnya berhimpit-himpitan atau ruangan dan lahan yang terbatas, septictank 2 ruang ini mungkin bisa jadi solusi anda. Karena selain pembuatannya yang cukup mudah,praktis dan cepat, septictank 2 ruang ini juga dapat menghemat waktu dan biaya anda.

Caranya pun sama seperti membuat septictank 3 ruang, cuma bedanya pada lubangnya. Pada septictank 3 ruang kita harus membuat 2 lubang (pertama dibawah dan yang kedua diatas), sedangkan pada septictank 2 ruang ini kita hanya membuat 1 lubang yang berada diatas (tepat diatas tutup septictank). Lubangnya pun jangan terlalu besar  dan saya sarankan menggunakan pipa pvc yang berukuran 2"-3", hal ini dimaksudkan agar airnya saja yang masuk pada ruang 2 dan endapan lumpur tetap pada bagian ruang pertama.
Sekian untuk cara membuat septic tank yang baik mudah-mudahan dapat memberikan manfaat sehingga anda tidak ketergantungan untuk melakukan sedot WC dan untuk perawatan septiktank agar tidak memcemari lingkunahan dan tidak mudah penuh lakukanlah perawatan secara rutin dengan menambahkan STARBIO PLUS setiap 3-5 bulan sekali

Untuk Info dan pemesanan hub : Sari Vidiantiny
No tlp     :  0822 1683 4499
Pin BB    :  2B3812E0

0 komentar:

Posting Komentar